1/16/2009

TUJUAN HIDUP

. 1/16/2009

Sebelumnya saya ucapkan Selamat Taon Baru buat teman-teman semua (walaupun dah telat daripada tidak sama sekali…he…he). Yach…akhirnya selesai juga artikel ini setelah beberapa lama tidak membuat postingan baru, hal ini dikarenakan saya sendiri sedang sibuk menyibukkan diri mempelajari berbagai artikel dan ebook (yang berbayar maupun yang gratisan) mengenai bisnis online yang istilah qrendnya Internet Marketing sampai akhirnya lupa untuk ngurusi blog.

Oke langsung ke topik aja, artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul “Motivator Sejati” yang didalamnya membahas apa yang harus dimiliki seseorang untuk sukses dalam hidupnya lebih lengkapnya klik di sini. Nah yang tidak kalah pentingnya yang harus dimiliki seseorang untuk sukses adalah Tujuan Hidup.

Bukan suatu hal yang aneh ketika seseorang berjumpa di jalan dengan kenalan, kerabat ataupun sahabat secara otomatis akan muncul pertanyaan “dari mana?” atau “mau kemana?” pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan tentang tujuan maupun arah. Apakah ini suatu kebetulan ataukah merupakan sifat alamiah yang dimiliki oleh setiap manusia? Menurut saya sih...lebih setuju kalau hal tersebut merupakan sifat alamiah yang dimiliki oleh setiap manusia, alasannya karena memang segala sesuatu yang ada di atas muka bumi ini pastilah memiliki tujuan, contoh : tanah mempunyai tujuan untuk dipakai sebagai tempat berpijak manusia dan ciptaan Tuhan yang lain, tempat bercocok tanam, mendirikan rumah dan hal-hal lainnya. Terlebih lagi dengan yang namanya manusia pastilah punya tujuan yang lebih mulia dari ciptaan Tuhan yang lain, jadi dapatlah disimpulkan bahwa manusia harus memiliki tujuan dalam hidupnya.

Mari kita cek dan ricek diri kita masing-masing, apakah teman-teman pernah menanyakan hal-hal yang seperti berikut :
1. Apa yang bisa kulakukan, ya?
2. Apa ya arti hidupku ini yang sesungguhnya?
3. Mau jadi apa kira-kira aku nanti ya?
4. Kemana kira-kira aku harus melangkah?
5. Gimana ya masa depanku nanti?

Nah…kalo salah satu pertanyaan tersebut pernah terucapkan atau terbersit dalam pikiran teman-teman itu artinya secara alamiah manusia itu membutuhkan tujuan yang jelas, dan yang pasti pada dasarnya tujuan hidup manusia adalah baik bukan sesuatu yang jahat.

Apa sih perlunya tujuan hidup itu?
Satu pertanyaan yang kayaknya sepele, tapi jawaban dari pertanyaan itu menentukan apakah seseorang mempunyai tujuan hidup atau tidak. Kalau saya sendiri sih ditanya perlunya tujuan hidup itu adalah :

Pertama :
Supaya saya tetap bersemangat dan antusias sekalipun keadaan tidak seperti yang diharapkan.
Kedua :
Supaya hidup saya tetap bisa fokus dan tidak terombang-ombing oleh tawaran-tawaran lain yang sepertinya baik tetapi sebenarnya sedang menuju kepada kehancuran.
Ketiga :
Supaya jiwa saya tetap tertantang untuk mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan tujuan hidup tersebut, karena tanpa tantangan maka jiwa manusia akan mandul.

Setiap orang memiliki tujuan hidup yang berbeda demikian juga dengan alasan mereka memilih tujuan hidup tersebut. Jadi apa pun yang menjadi tujuan hidup teman-teman selama itu baik dan tidak merugikan orang lain tetaplah berjalan sesuai dengan tujuan tersebut karena teman-teman pasti akan menuai hasil yang baik pula.

Bagi teman-teman yang belum tau atau belum punya tujuan hidup yang spesifik, berikut saya berikan beberapa tipsnya, semoga bermanfaat :
Pertama :
Sediakan waktu yang senggang untuk bersendirian tanpa adanya gangguan dari orang lain (teman, kerabat, keluarga, anak, istri, suami, dsb).
Kedua :
Siapkan minuman yang sesuai selera kita (the manis panas/dingin, juice, dsb)
Ketiga :
Siapkan alat tulis dan buku catatan khusus (tidak dipakai untuk catatan sekolah, kampus, diary, dll) untuk nantinya bisa dibaca ulang dan dievaluasi perkembangannya.
Keempat :
Mulailah berpikir kira-kira apa saja yang menjadi bakat, kemampuan, kesukaan atau keahlian teman-teman (tuliskan semuanya sekalipun itu sepertinya sepele, misalnya bisa main bisa main bola, bisa masak, bisa mengoperasikan komputer, bisa menyanyi, main musik, bisa bahasa Inggris, jago cuap-cuap, suka dengarin masalah orang lain. Pokoke semua yang loe bisa dah…)
Kelima :
Urutkan hal-hal tersebut mulai dari yang teman-teman paling suka mengerjakannya sampai yang kurang suka ngerjakannya
Keenam :
Take action dan fokuslah untuk pada hal-hal yang paling kita suka untuk dikerjakan, kembangkan terus kemampuan-kemampuan tersebut dengan latihan, ikut seminar, baca buku, tanya teman dsb.

Biasanya tujuan hidup kita berhubungan erat dengan kemampuan atau bakat yang kita miliki. Seperti halnya Albert Einstein yang suka dengan hal-hal yang berbau sains sehingga tujuan hidupnya adalah meneliti dan membuat penemuan-penemuan baru. Walt Disney yang suka dekat dengan anak-anak akhirnya membangun taman bermain terbesar di dunia. Bill Gates yang suka dengan komputer akhirnya mendirikan perusahaan raksasa Microsoft. Mother Theresa yang sangat peduli dengan orang-orang miskin akhirnya menjadi tokoh yang mendedikasikan hidupnya untuk kaum miskin di Kalkuta India. Masih banyak contoh-contoh orang-orang yang berhasil lainnya.

Oke sekian dulu yang bisa saya paparkan, dan semoga bermanfaat. Silahkan berikan komentarnya ya di kotak komentar di bawah, enak gak enak saya terima deh…Bravo

13 comments:

Anthony Harman said...

Motivasi yang bagus, bro. Kita semua memang perlu menentukan apa tujuan hidup kita. Sehingga, tau arah mana yg akan kita tempuh

Negeri Hijau said...

ha...ha...ha...
akhirnya muncul juga setelah menghilang sekian lama...
tetap maju bro...

Unknown said...

terimakasih postingannya bro
sudah memotivasi kita juga.

Brightsoni said...

@Anthony Harman
Thank you bro, yes you are right

@Negeri hijau
Oke bro...sama-sama kita majunya

@dejavan
You're welcome bro...

Anthony Harman said...

Melangkah tanpa tujuan hidup. Kayak kapal yang terombang-ambing di tengah lautan

Brightsoni said...

@Anthony Harman
Bisa jadi bahan puisi juga ya bro..

Anonymous said...

Dengan tujuan, semua akan mudah dicapai. Betul ga mas?

Brightsoni said...

@Paman Gober
Yup...betul sekali...mas

Anonymous said...

mana post barunya?

Anonymous said...

dah lama belum update?

negeri hijau said...

karena, kebetulan job dari review begitu...

negeri hijau said...

mau tahu caranya mendatangkan trafik tinggi? Lihat alexa saya...

laga seo said...

nih ada site baru saya bro

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

SILAHKAN TULIS KOMENTARNYA YA...
ANDA COMMENT SAYA IKUT...
NO SPAM AREA...

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com